animasi bergerak gif
My Widget

Jumat, 26 September 2014

Selamat datang di New York!

1. Patung Liberty

Pada Hari Ulang Tahun Amerika Serikat, tepatnya 4 Juli 2013 yang lalu, Patung Liberty akhirnya kembali dibuka. Patung yang merupakan pusat perhatian dengan atraksi wisata terpopuler di New York ini ternyata mempunyai segudang fakta menarik.


Fakta pertama nama asli patung Liberty adalah Liberty Enlightening the World, Patung tersebut merupakan hadiah dari Prancis untuk Amerika pada tahun1886 silam.

Fakta kedua Patung Liberty merupakan sosok figur wanita yang menyimbolkan Libertas yang merupakan Dewi Kebebasan dari Romawi.

Fakta ketiga Patung ini mempunyai ketinggian hingga 93 meter, bagi para wisatawan yang ingin menjangkau puncak patung ini harus menaiki anak tangga sebanyak 354 anak tangga, Patung ini menggenggam obor dan sebuah tablet yang bertuliskan tanggal deklarasi kemerdekaan Amerika Serikat, yakni  4 Juli 1776.

Fakta keempat Jika berada pada mahkota Patung Liberty, para pengunjung dapat menyaksikan pemandangan Kota New York. Pasalnya di bagian mahkota ini telah tersedia 25 jendela.
Perlu Anda ketahui Patung Liberty dikunjungi sekitar 4 juta pengunjung setiap tahunnya. 

Jika dibandingkan, patung ini hampir serata statusnya dengan Menara Eiffel yang kerap dikunjungi 6 juta Turis serta London Eye yang dikunjungi 3,5 juta Turis setiap tahun. Patung ini terletak di Pulau Liberty, di pesisir New York. Kapal ferry yang membawa wisatawan ke pulau ini tidak dipungut biaya.

Dalam produksi  film-film ternama Patung ini seringkali ditampilkan, seperti Independence Day, Planet of teh Apes, serta The Day After Tomorrow. Bahkan, patung ini kerap menjadi objek penghancuran alien dalam film. Dan pada tahun 1984 Patung Liberty dinobatkan menjadi salah satu  Situs Warisan Dunia UNESCO.


2. Empire State Buiding
Empire State Building adalah sebuah pencakar langit berlantai 102 yang terletak di Midtown ManhattanNew York City, di persimpangan Fifth Avenue dan West 34th Street. Gedung ini memiliki tinggi puncak 381 meter. Jika menggabungkan menara antenanya, tinggi gedung ini mencapai 443,2 m. Namanya diambil dari julukan New York, yaitu Empire State. Empire State Building sempat menjadi bangunan tertinggi di dunia selama 40 tahun, sejak selesai dibangun tahun 1931 sampai rampungnya Menara Utara World Trade Center pada tahun 1972. Pasca-serangan 11 September tahun 2001, Empire State Building kembali menjadi bangunan tertinggi di New York (bukan di Amerika Serikat atau dunia). Empire State Building lagi-lagi menjadi bangunan tertinggi kedua di New York pada tanggal 30 April 2012 setelah One World Trade Center yang baru mengalahkan tingginya. Empire State Building saat ini merupakan pencakar langit rampung tertinggi ketiga di Amerika Serikat (setelah Menara Willis dan Trump International Hotel and Tower di Chicago) dan tertinggi ke-22 di dunia. Gedung ini juga merupakan struktur berdiri bebas tertinggi keempat di Amerika.

3. Central Park
Central Park adalah taman umum yang luas di ManhattanNew York City. Luasnya 3,41 km² dengan bentuk lahan persegi panjang (panjang 4 km, lebar 800 m). Setiap tahunnya, taman ini dikunjungi sekitar 25 juta orang, dan sekaligus taman yang paling banyak didatangi orang di Amerika Serikat.[1]
Central Park termasuk salah satu taman terkenal di dunia, karena taman ini sering dijadikan lokasi film dan bahan liputan di televisi. Pengelolanya adalah organisasi swasta nirlaba Central Park Conservancy yang dikontrak oleh Departemen Taman dan Rekreasi New York City.[2]
Di sisi utara, Central Park berbatasan dengan West 110th Street (lebih dikenal sebagai Central Park North), di sisi barat berbatasan dengan Central Park West, di sisi selatan dengan West 59th Street (Central Park South), dan di sisi timur denganFifth Avenue. Jalan di sisi timur taman tidak pernah disebut sebagai "Central Park East", melainkan tetap Fifth Avenue. Di sekeliling taman terdapat bangunan-bangunan mewah dan merupakan kawasan dengan harga tanah yang tinggi.
Taman ini dirancang oleh Frederick Law Olmsted dan Calvert Vaux. Keduanya juga dikenal sebagai perancang Taman Prospectdi Brooklyn yang letaknya berdekatan. Walaupun terlihat alami, lansekap Central Park sepenuhnya hasil campur tangan manusia. Di dalam taman terdapat danau buatan dan kolam, jalan setapak, dua arena es skating, kawasan lindung hewan liar, lapangan rumput, dan arena bermain untuk anak. Central Park sering didatangi burung migran sehingga menjadi tempat favorit bagi pengamat burung. Panjang keseluruhan jalan-jalan di dalam taman adalah 10 km. Pengunjung ramai berjogging, bersepeda, atau bersepatu roda, terutama di akhir pekan atau sejak pukul 19.00 setelah kendaraan bermotor dilarang lewat.

4. Brooklyn Bridge
Jembatan yang dibangun pada 1883 ini menghubungkan kawasan Manhattan, tempat di mana pusat keramaian New York berada dan kawasan Brooklyn.

Jembatan ini salah satu kebanggaan New Yorkers. Jembatan besar ini dikunjungi ratusan ribu wisatawan setiap harinya.

Nah, saat detikTravel berkunjung akhir September 2012 lalu, jembatan ini tengah mengalami sedikit perbaikan di beberapa titik. Tapi, hal itu tak mengurangi keindahan jembatan ini. Cuaca mendung pun tidak menahan langkah kai saya menyeberangi Brooklyn Brigde.

Jembatan ini memang sudah didisain untuk wisatawan, jadi sangat memanjakan wisatawan yang datang. Di area jembatan tentunya terdapat jalur untuk kendaraan bermotor, tapi lebih dari itu, terdapat jalur bagi pejalan kaki dan pesepeda. Nah, jadi wisatawan bisa puas menikmati pemandangan Kota New York dari jembatan di atas East River ini.

Perlu sekitar 30 menit bila kita berjalan santai untuk melintasi jembatan yang memiliki panjang 480-an meter dan tinggi 41 meter ini. Biasanya, wisatawan berfoto ria di dekat tiang yang mencantumkan monumen pembangunan jembatan ini. Ada juga beberapa wisatawan yang iseng memasang gembok cinta di salah satu tiang kecil di jembatan itu, dengan menulis nama pasangannya.

Untuk menuju ke kawasan ini, amat mudah. Tinggal naik saja Subway dan berhenti di City Hall. Kalau bingung, tinggal tanya saja ke petugas informasi di setiap sudut stasiun. Pasti langsung diberi petunjuk kemana dan naik kereta apa.

5. Wall Street


dalah sebuah nama jalan di pinggiran kota Manhattan di New York yang membujur mulai dari timur yaitu dari Broadway menuruni lembah ke arah South Street di East River, melewati pusat historis dari distrik keuangan Amerika yaitu Manhattan. Wall Street adalah gedung permanen pertama dari New York Stock Exchange, dan sepanjang waktu Wall Street menjadi nama dari gegografi sekitarnya.[1] Wall Street adalah juga merupakan suatu istilah yang digunakan bagi " kepentingan finansial yang berpengaruh" di Amerika[2]
Banyak sekali bursa perdagangan saham dan bursa perdagangan lainnya berkantor pusat di Wall Street dan di Distrik Keuangan (Financial District) termasuk NYSENASDAQAMEXNYMEX, dan NYBOT. Banyak pula perusahaan keuanganNew York yang kini sudah tidak berkantor di Wall Street lagi melainkan berkantor di pusat kota Manhattan, di wilayah pinggiran kota, Long IslandWestchester CountyFairfield CountyConnecticut, atau di New Jersey.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar